Sabtu, 18 September 2010

Hebat Indonesia Ciptakan Teknologi Pembersih Laut Pertama di Dunia yang Asli

Informasi Unik kali ini memberitakan tentang Peneliti Indonesia yang sudah bisa membuat teknologi pembersih air laut pertama kali di dunia ,teknologi yang diciptakan oleh tim peneliti Indonesia tersebut menggunakan bahan berupa kultut bakteri yang akan menyerap bahan pencemar.


Selain itu teknologi ini juga bisa diterapkan di lumpur ,tak hanya di laut saja,misal bisa memisahkan lumpur lapindo ,teknologi yang dikembangkan dengan menggunakan bakteri tersebut bisa memisahkan lumpur dan air ,sehingga bisa memisahkan lumpur dan air serta menjernihkannya .

"Saya kaget Indonesia bisa buat ini. Teknologi ini adalah hasil karya anak bangsa dan pertama di dunia. Kalau berhasil, saya akan sebar bakteri ini pertama kali di daerah Timor karena di sana sedang tercemar lautnya," ujar Fadel.

"Mikroorganisme ini saat makan minyak menghasilkan semacam liur, nah liur ini yang bisa digunakan untuk menyerap lumpur seperti lumpur di Lapindo," ujar Edison Effendi, salah seorang peneliti bioteknologi dan teknik lingkungan. Setelah lumpur terserap, daerah bekas genangan lumpur dapat ditebar benih ikan.

Bioremedial sendiri terdiri dari 100 macam bakteri dan mikroorganisme yang berbentuk seperti serbuk gergaji yang disebar untuk menyerap limbah minyak yang ada di permukaan laut. Dengan sendirinya laut yang tercemar akan bersih. Setelah menyerap ampas minyak, mikroorganisme ini bisa digunakan sebagai makanan ikan laut dan udang. Proses dari ditaburkan hingga menyerap minyak dengan sempurna memakan waktu kurang lebih 1 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar