Rabu, 29 September 2010

Paus Beluga

The beluga atau paus putih (Delphinapterus leucas) adalah Kutub Utara dan spesies sub-Kutub Utara cetacea. Ini adalah salah satu dari dua anggota keluarga Monodontidae, bersama dengan narwhal tersebut. Mamalia laut ini sering disebut hanya sebagai kenari beluga atau laut karena twitter yang bernada tinggi. [3] Hal ini sampai dengan 5 meter (16 kaki) panjang dan berwarna putih semua jelas dengan tonjolan berbeda pada kepala. Dari perspektif konservasi, beluga dianggap "hampir terancam" oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam, namun sub-populasi dari Cook Inlet di Alaska dianggap sangat terancam dan berada di bawah perlindungan Spesies Langka Amerika Serikat 'UU
Beluga[1]
Size comparison against an average human
Conservation status

Near Threatened (IUCN 3.1)[2]
Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Order: Cetacea
Family: Monodontidae
Genus: Delphinapterus
Species: D. leucas
Binomial name
Delphinapterus leucas
(Pallas, 1776)
Beluga range

[Sunting] Taksonomi

Pada tahun 1776 Peter Simon Pallas pertama dijelaskan beluga [1] Ini adalah anggota dari keluarga Monodontidae, yang pada gilirannya bagian dari subordo paus bergigi [1] lumba-lumba Irrawaddy pernah ditempatkan di keluarga yang sama;. Namun, baru-baru ini. bukti genetik menunjukkan dinyatakan [5] narwhal adalah satu-satunya spesies lain dalam keluarga Monodontidae selain paus beluga.. [6]

Daftar Merah Spesies Terancam memberikan baik beluga dan paus putih sebagai nama-nama umum, meskipun mantan sekarang lebih populer. Nama Inggris berasal dari белуга Rusia (beluga) atau белуха (belukha), yang berasal dari kata белый (belyy), yang berarti "putih". Hal ini kadang-kadang disebut oleh para ilmuwan sebagai paus belukha untuk menghindari kebingungan dengan beluga sturgeon.

paus ini juga bahasa sehari-hari dikenal sebagai Canary Laut di rekening, yang berderit jeritan bernada tinggi, clucks dan peluit. Seorang peneliti Jepang mengatakan dia mengajar beluga untuk "berbicara" dengan menggunakan suara untuk mengidentifikasi tiga objek yang berbeda, menawarkan harapan bahwa manusia mungkin suatu hari nanti bisa berkomunikasi secara efektif dengan mamalia laut. [7]
[Sunting] Deskripsi
Photo of beluga di permukaan air dengan punggung tertekuk, dengan kedua mengangkat kepala dan ekor
Sebuah beluga di perairan dangkal Aquarium Vancouver

ikan paus Beluga jantan lebih besar dari betina. Jantan dapat mencapai 5,5 meter (18 kaki) panjang, sementara perempuan tumbuh menjadi 4,1 meter (13 kaki). [8] Pria berat antara 1.100 dan 1.600 kilogram (2.400 dan 3.500 lb) sementara perempuan berat antara 700 dan 1.200 kilogram (1.500 dan 2.600 lb) [9] Hal ini lebih besar dari lumba-lumba sebagian besar, tapi lebih kecil daripada kebanyakan paus bergigi lainnya.. [rujukan?]

The beluga dewasa jarang dikira spesies lain, karena itu benar-benar putih atau abu-abu keputihan berwarna. Betis, bagaimanapun, biasanya berwarna abu-abu. [8] kepala adalah tidak seperti yang dari cetacea lainnya. Seperti paus bergigi kebanyakan memiliki melon-an berminyak, benjolan jaringan lemak yang ditemukan di tengah dahi. melon yang beluga adalah sangat bulat dan bahkan ditempa. [6] beluga ini dapat mengubah bentuk kepalanya dengan meniup udara di sekitar sinus nya. Tidak seperti banyak lumba-lumba dan ikan paus, tulang di leher tidak menyatu bersama, yang memungkinkan hewan untuk mengubah kepalanya lateral. mimbar ini memiliki sekitar 8 sampai 10 gigi pada setiap sisi rahang dan total 34-40 gigi.

Ikan paus Beluga memiliki tonjolan punggung, bukan sirip punggung. [8] Tidak adanya sirip punggung tercermin dalam nama genus dari spesies-apterus kata Yunani untuk "bersayap." Preferensi evolusi untuk punggung bukit daripada sirip punggung adalah diyakini sebagai adaptasi terhadap kondisi-es, atau mungkin sebagai cara untuk menjaga panas [6] Seperti di cetacea lain,. Kelenjar tiroid relatif besar dibandingkan dengan mamalia terestrial (proporsional tiga kali lebih besar tiroid kuda) dan dapat membantu untuk mempertahankan metabolisme yang lebih tinggi selama musim panas pekerjaan muara.

Tubuhnya bulat, terutama ketika cukup makan, dan mengecil kurang lancar ke kepala daripada ekor. Tiba-tiba meruncing ke pangkal lehernya memberikannya tampilan bahu, unik di antara Cetacea. Sirip ekor tumbuh dan menjadi semakin dan banyak hiasan melengkung sebagai usia hewan. Para sirip yang luas dan singkat-membuat mereka hampir berbentuk persegi.
[Sunting] Range dan habitat
Photo of paus di permukaan dengan benjolan di belakang kepala
Beluga di mulut Churchill Sungai ke Teluk Hudson, Kanada

beluga yang mendiami distribusi sirkumpolar terputus-putus di Kutub Utara dan sub-Arctic air berkisar antara 50 ° N sampai 80 ° N, terutama di sepanjang pantai Alaska, Kanada, Greenland, dan Rusia. Tingkat selatan dari jangkauan mereka termasuk pulau terpencil di muara Sungai St Lawrence dan fjord Saguenay, sekitar desa Tadoussac, Quebec, di Atlantik dan delta Sungai Amur, Kepulauan Shantar dan perairan sekitar Pulau Sakhalin di Laut Okhotsk [10].

Pada musim semi, beluga bergerak ke tempat musim panas: teluk, estuaria dan inlet dangkal lainnya. Situs ini musim panas terputus-putus. Seorang ibu biasanya kembali ke situs yang sama tahun demi tahun. Sebagai rumah musim panas yang menyumbat dengan es selama musim gugur, beluga bergerak pergi selama musim dingin. Sebagian besar perjalanan arah kantong es maju dan tetap dekat tepi untuk bulan musim dingin. Lain tinggal di bawah kantong es-hidup dengan mencari memimpin es dan polynyas (tambalan air terbuka di es) di mana mereka dapat permukaan untuk bernapas. Beluga juga dapat menemukan kantong udara yang terjebak di bawah es. Kemampuan beluga untuk menemukan potongan tipis dari air terbuka di dalam paket es padat yang dapat mencakup lebih dari 96% dari permukaan mystifies ilmuwan. echo-Lokasinya kemampuan sangat disesuaikan dengan akustik khas laut sub-es dan telah menyarankan bahwa ikan paus Beluga bisa merasakan air terbuka melalui echo-location.

Pada tahun 1849, sedangkan pembangunan kereta api pertama antara Rutland dan Burlington di Vermont, pekerja digali tulang hewan yang misterius di kota Charlotte. Dikuburkan hampir 10 kaki (3,0 m) di bawah permukaan dalam tanah liat biru tebal, tulang ini adalah tidak seperti binatang yang sebelumnya ditemukan di Vermont. Para ahli mengidentifikasi tulang seperti pada sebuah beluga. Karena Charlotte lebih dari 150 mil (241 km) dari laut terdekat, naturalis awal berada di kerugian untuk menjelaskan tulang mamalia laut terkubur di bawah bidang Vermont pedesaan. Saat ini, bantuan paus Charlotte dalam studi geologi dan sejarah Champlain Basin, [11] dan fosil ini sekarang resmi Negara Vermont fosil (membuat Vermont satu-satunya negara yang resmi fosil adalah bahwa binatang masih ada) .

Pada tanggal 9 Juni 2006, bangkai beluga muda ditemukan di Sungai Tanana dekat Fairbanks di Alaska pusat, hampir 1.700 km (1.056 mi) dari habitat laut terdekat. Ikan paus Beluga kadang-kadang mengikuti migrasi ikan, Alaska terkemuka negara biologi Tom Seaton untuk berspekulasi bahwa ia telah mengikuti salmon bermigrasi ke hulu sungai di beberapa titik pada musim gugur sebelumnya.
[Sunting] Sejarah Hidup
Overhead foto lima ikan paus Beluga berenang di permukaan dengan empat bidang splash belakang mereka
Polong ikan paus Beluga renang

Ikan paus Beluga sangat ramah. Kelompok laki-laki mungkin jumlah ratusan, sedangkan ibu dengan anak sapi umumnya campuran dalam kelompok sedikit lebih kecil. Ketika polong agregat di muara, mereka mungkin angka dalam ribuan. Hal ini dapat mewakili proporsi yang signifikan dari seluruh penduduk dan adalah ketika mereka yang paling rentan terhadap berburu.

Polong cenderung tidak stabil, yang berarti bahwa mereka cenderung bergerak dari polong ke polong. Radio pelacakan telah menunjukkan bahwa ikan paus Beluga dapat memulai dalam polong dan dalam beberapa hari bisa ratusan mil jauhnya dari polong itu. Ibu dan anak sapi bentuk hubungan terdekat sosial beluga itu. Perawatan kali dua tahun telah diamati dan anestrus Laktasi tidak mungkin terjadi. Betis sering kembali ke muara yang sama seperti ibu mereka di musim panas, kadang-kadang bertemu bahkan setelah menjadi sepenuhnya matang.

Ikan paus Beluga bisa bermain-mereka mungkin meludahi manusia atau paus lainnya. Sudah lazim bagi handler akuarium menjadi basah kuyup oleh salah satu biaya nya. Beberapa peneliti percaya bahwa meludah berasal dengan pasir bertiup dari krustasea di bagian bawah laut.

Tidak seperti kebanyakan paus, ia mampu berenang mundur. [12]

Laki-laki mencapai kematangan seksual antara empat dan tujuh tahun, sementara perempuan dewasa pada antara enam dan sembilan tahun. beluga bisa hidup lebih dari 50 tahun. [8]
[Sunting] Reproduksi
Underwater foto renang betis sedikit di bawah dan di belakang ibu
Perempuan dan betis

Female ikan paus Beluga biasanya melahirkan seekor anak setiap tiga tahun [8] kawin Sebagian besar terjadi. Antara Februari dan Mei, tapi kawin beberapa terjadi pada waktu lain tahun [6] [8]. Hal ini dipertanyakan apakah paus beluga telah menunda implantasi. [ 6] Kehamilan terakhir 12-14,5 bulan. [8]

Anak sapi yang lahir selama periode berlarut-larut yang bervariasi berdasarkan lokasi. Di Arktik Kanada, anak sapi yang lahir antara bulan Maret dan September, sedangkan di Teluk Hudson puncak periode melahirkan adalah pada akhir Juni dan di betis Cumberland Sound kebanyakan lahir dari akhir Juli awal Agustus. [13]

Bayinya berukuran sekitar 1,5 meter (4.9 kaki) panjang, berat sekitar 80 kilogram (180 lb), dan berwarna abu-abu. Anak-anak sapi tetap tergantung pada ibu mereka selama sedikitnya dua tahun.
[Sunting] Ekologi
[Sunting] Makanan

beluga adalah perenang lambat yang feed terutama pada ikan. Hal ini juga makan cumi (cumi dan gurita) dan krustasea (kepiting dan udang). Mencari makan di dasar laut yang biasanya terjadi pada kedalaman hingga 1.000 kaki (300 m) tetapi mereka bisa menyelam minimal dua kali kedalaman ini. Penyelaman makan khas berlangsung 3-5 menit, tetapi ikan paus Beluga menenggelamkan hingga 20 menit setiap kali [14].
[Sunting] Mangsa

beruang kutub memanfaatkan situasi tertentu saat ikan paus Beluga terjebak oleh es dan dengan demikian tidak dapat mencapai samudra. Beruang memukul ikan paus Beluga dan menyeret mereka ke es. orca adalah predator lainnya alami signifikan. [9]
[Sunting] Hubungan dengan manusia

Ikan paus Beluga di antara spesies ikan paus pertama di penangkaran. Yang beluga pertama ditampilkan di Barnum Museum di New York City pada 1861. Hari ini tetap menjadi salah satu spesies ikan paus beberapa disimpan di taman kehidupan akuarium dan laut di seluruh Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Popularitasnya di sana dengan pengunjung mencerminkan warna yang menarik, dan jangkauan ekspresi wajah. Sementara cetacea paling "tersenyum" adalah tetap, gerakan tambahan yang diberikan oleh vertebra serviks tidak disatukan dengan beluga ini memungkinkan rentang yang lebih besar ekspresi jelas. Kebanyakan ikan paus Beluga ditemukan di akuarium ditangkap di alam liar, meskipun program penangkaran menikmati beberapa keberhasilan.

Baik Angkatan Laut Amerika Serikat dan Angkatan Laut Rusia telah menggunakan ikan paus Beluga dalam operasi anti-pertambangan di perairan Kutub Utara. [15] Dalam satu contoh, sebuah beluga tawanan membantu membawa penyelam sedih yang sedang melakukan aksi di kolam renang ke atas ke permukaan, mungkin menyelamatkan nyawa penyelam [16] Di lain waktu., sebuah beluga tawanan membawa penyelam kram-paralized dari dasar kolam ke permukaan dengan memegang kakinya dalam mulut itu, tentu menyelamatkan kehidupan penyelam betina. [17]
[Sunting] Populasi dan ancaman
Foto paus putih dengan kepala ditempatkan di tepi kolam renang dengan lengan manusia mencapai depan mulut paus
Sebuah paus beluga di akuarium dengan seorang pelatih

Populasi ikan paus Beluga global hari ini berdiri di sekitar 100.000. Meskipun angka ini jauh lebih besar daripada cetacea lainnya, jauh lebih kecil dari populasi pra-berburu. Ada diperkirakan 40.000 individu di Laut Beaufort, 25.045 di Teluk Hudson, 18.500 di Laut Bering, dan 28.008 di Arktik Rendah Kanada. Populasi di muara Lawrence St diperkirakan sekitar 1.000 [18]. Hal ini dianggap sebagai spesies sentinel yang sangat baik (indikator kesehatan lingkungan dan perubahan). Hal ini karena panjang-hidup, di atas jaring makanan, bantalan dalam jumlah besar lemak dan lemak, relatif baik dipelajari untuk cetacea, dan masih agak umum.

Karena berkumpul beluga di muara sungai, pencemaran ini membuktikan menjadi bahaya kesehatan yang signifikan. Insiden kanker telah dilaporkan meningkat sebagai akibat pencemaran Sungai St Lawrence. bangkai beluga Lokal mengandung kontaminan begitu banyak yang mereka diperlakukan sebagai limbah beracun [rujukan?] Reproduksi patologi telah. telah ditemukan di sini, kemungkinan disebabkan oleh organoklorin. Tingkat antara 240 ppm dan 800 ppm PCB telah ditemukan, dengan laki-laki biasanya memiliki tingkat yang lebih tinggi. [19] Efek jangka panjang dari pencemaran ini terhadap populasi yang terkena dampak tidak diketahui.
Underwater foto paus dengan atas kepala di atas permukaan
beluga A resurfaces

gangguan tidak langsung manusia juga dapat menjadi ancaman. Sementara beberapa populasi mentolerir perahu-perahu kecil, yang lain secara aktif mencoba untuk menghindari kapal. Menonton ikan paus telah menjadi aktivitas booming di St Lawrence dan Sungai Churchill daerah.

Karena pola migrasi diprediksi dan konsentrasi tinggi, beluga telah diburu oleh masyarakat adat Arktik selama berabad-abad. Di banyak daerah, berburu terus, dan diyakini dapat berkelanjutan. Namun, di daerah lain, seperti Cook Inlet, Ungava Bay, dan off Greenland barat, operasi komersial sebelumnya meninggalkan populasi dalam bahaya besar. penangkapan ikan paus terus Adat di daerah-daerah, dan beberapa populasi terus menurun. Daerah ini merupakan subyek dari dialog intensif antara masyarakat Inuit dan pemerintah nasional yang bertujuan untuk menciptakan berburu berkelanjutan.
[Sunting] Patogen

Papillomaviruses telah ditemukan dalam kompartemen lambung dari ikan paus Beluga di Lawerence Sungai St. Herpesvirus juga telah terdeteksi pada kesempatan di ikan paus Beluga. Ensefalitis kadang-kadang diamati dan Sarcocystis protozoa dapat menginfeksi binatang. Ciliates telah diamati untuk menjajah blowhole tersebut atau belum mungkin tidak patogen atau sangat berbahaya. [20]

basil rhusiopathiae Erysipelothrix, kemungkinan besar dari ikan yang terkontaminasi dalam makanan, dapat membahayakan ikan paus Beluga tawanan, menyebabkan anoreksia, plak kulit, dan lesi. Hal ini dapat menyebabkan kematian jika tidak didiagnosis dini dan diobati dengan antibiotik. [21]
[Sunting] Status konservasi
Photo of cap yang menunjukkan dua orang dewasa dan satu remaja, berenang
Foto di cap Kepulauan Faroe

Pada tahun 2008, paus beluga terdaftar sebagai "hampir terancam" oleh IUCN. Hal ini disebabkan ketidakpastian tentang jumlah ikan paus Beluga atas bagian dari jangkauan (terutama Kutub Utara Rusia) dan harapan bahwa jika upaya konservasi saat ini berhenti, terutama manajemen berburu, populasi beluga kemungkinan untuk memenuhi syarat untuk status "terancam" dalam waktu lima tahun . Sebelum tahun 2008, beluga ini terdaftar sebagai "rentan" tingkat, yang lebih tinggi dari perhatian. IUCN mengutip stabilitas sub-populasi terbesar dan metode sensus diperbaiki yang menunjukkan populasi yang lebih besar dari perkiraan sebelumnya. [2]

Untuk mencegah berburu, ikan paus Beluga dilindungi bawah Moratorium Komersial Ikan Paus Internasional, namun, sejumlah kecil ikan paus beluga masih diperbolehkan. Karena sangat sulit untuk mengetahui populasi ikan paus Beluga tepat karena habitat mereka meliputi perairan pedalaman jauh dari laut, mudah bagi mereka untuk datang dalam kontak dengan pusat-pusat pengembangan minyak dan gas. Untuk mencegah paus dari kontak dengan limbah industri, pemerintah Alaska dan Kanada adalah relokasi situs di mana paus dan limbah datang dalam kontak.

Untuk mencegah paus captive dari mati, peneliti dari Vancouver Aquarium Marine Science Centre yang mencari cara untuk mencegah jamur dari memasuki habitat dan untuk terus-menerus memeriksa kesehatan mereka. ikan paus Beluga captive sehat penting karena mereka adalah salah satu paus hanya ditemukan di akuarium laut banyak. Jumlah yang tinggi tawanan menambah ancaman terhadap populasi beluga, sementara bangkai mereka berkontribusi untuk penelitian ilmiah.

Subpopulasi memiliki tingkat yang berbeda dari ancaman dan penilaian waran individu. Cook Inlet subpopulasi terdaftar sebagai "terancam punah" oleh IUCN tahun 2006 [22]. Populasi beluga Cook Inlet terdaftar sebagai terancam punah berdasarkan Endangered Species Act per Oktober 2008. [4] [23] [24] Hal ini disebabkan karena pemanenan berlebihan dari ikan paus Beluga sebelum tahun 1998. Populasi telah gagal untuk memulihkan meskipun panen dilaporkan telah kecil. Perkiraan terbaru dipublikasikan pada Mei 2008 adalah 302 (CV = 0,16) pada tahun 2006. [25] Di samping itu, Dinas Perikanan Laut Nasional menunjukkan bahwa estimasi titik survei 2007 udara adalah 375.
[Sunting] Evolusi
Skeleton D. leucas

leluhur awal dikenal tersebut Beluga adalah yang brachycephala Denebola prasejarah dari periode Miosen akhir. Sebuah fosil tunggal dari semenanjung Baja California, menunjukkan bahwa keluarga pernah tinggal di air hangat. Catatan fosil juga menunjukkan bahwa dalam waktu relatif baru kisaran beluga yang bervariasi dengan saat paket es di kutub-berkembang selama zaman es dan kontraktor saat retret es.
Photo of beluga at water surface with back flexed, with both head and tail raised
Photo of whale at surface with bump behind head
Overhead photo of five belugas swimming at surface with four splash areas behind them
Underwater photo of calf swimming slightly below and behind mother
Photo of white whale with head placed on poolside with human arm reaching to front of whale's mouth
Underwater photo of whale with top of head above surface
Photo of stamp showing two adult and one juvenile, swimming

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2NjQtoh

    BalasHapus