Selasa, 21 September 2010

gerhana venus,sulit terlihat karena cuaca buruk

Gerhana venus yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB sampai 18.30 WIB kemarin membuat warga kota berdecak kagum. Fenomena alam yang terjadi dalam kurun waktu puluhan tahun. Gerhana Venus merupakan peristiwa langka yang berulang dalam kurun puluhan tahun. Saat itu posisi bumi, bulan, dan planet Venus sejajar.Dari bumi, planet Venus yang berada di atas bulan sabit sebelah kiri, perlahan-lahan menghilang seperti sembunyi di balik bulan. Venus akan muncul lagi di sebelah kiri bawah bulan. Kalangan astronom menyebutnya okultasi.




ilustrasi

Koordinator Prakirawan Badan Meteriologi dan Klimatologi Geofisika Jambi, Kurnianingsih membenarkan bahwa peristiwa tersebut merupakan gerhana venus. Hanya saja, dirinya tak mau berkomentar lebih lanjutnya.
‘’Ini merupakan kewenangan dari Lembaga Antriksa Nasional (Lapan), nanti kalau kita yang komentar, tidak pas,’’ tuturnya.
Sementara itu, warga kota Jambi, Ferdian, menuturkan mengetahui kalau ada gerhana justru dari anaknya. Dan ketika dilihat secara langsung,memang sangat jelas adanya gerhana.
Dikatakannya, secara ilmiah dirinya tidak mengetahui apa sebabnya gerhana bulan, namun yang jelas hampir setiap orang sangat mengimpikan untuk melihat secara langsung adanya gerhana bulan ini.
“Yang jelas semua orang sangat mengimpikan untuk melihat secara langsung adanya gerhana bulan ini,dan saya termasuk yang beruntung,” tegasnya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar