Senin, 20 September 2010

Kota-kota terdingin di dunia

1.Yakutsk, Russia

Yakutsk, lokasinya di Siberia Utara. Kota inilah pemegang rekor kota terdingin di dunia. Normalnya suhu di sini sekitar minus 45,9°C (−51 °F) dan pada puncaknya bisa mencapai -71.2°C (-96.2 °F). Anda hanya bisa mencapai kota ini pada musim panas menggunakan feri dari Lena Highway menyeberangi sungai Lena. Pada musim lainnya sungai ini akan membeku.

2.Oymyakon, Russia

DM Readers, masih di Siberia Utara, di kota Oymyakon ini temperatur rata-ratanya minus 41.2 °C (−42.0 °F) dan bisa mencapai –65.4 °C (−86 °F). Tapi pada musim panas temperaturnya bisa melonjak menjadi normal di sekitar 22.2 °C (72.0 °F) sehingga cukup bersahabat.

3.Verkhoyansk, Russia

DM Readers, kota ini merupakan kota terkecil ketiga di Rusia dan dihuni hanya oleh kira-kira 1400 kepala. Siapa yang betah tinggal di sini? Suhu normalnya di minus 40 °C (−40 °F) dan puncaknya hingga −69.8 °C (−93.6 °F). Tapi di sini masih merupakan tempat menarik jika ingin mengunjungi wilayah bersalju beku.
4. Barrow, Alaska, USA
DM Readers, Alaska dikenal sebagai negara bagian paling dingin di Amerika Serikat karena lokasinya paling utara dekat dengan Antarctic Circle. Di antara kota-kota di negara bagian ini, Barrow adalah yang paling dingin. Temperatur rata-ratanya minus 20.1 °C (−29.0 °F) tapi di saat yang lain bisa dingin mencekat pada -53.0 °C (−47.0 °F). Di kota ini DM Readers bisa menjumpai fenomena Aurora yang sangat cantik.

aurora

DM Readers, suhu dingin mencekat seperti di atas bisa menimbulkan mati rasa yang dalam, dan bahkan bisa menimbulkan kematian mendadak, oleh sebab itu nih, orang-orang disana menggunakan pakaian dan pendukung lain yang tepat. Satu lagi kalo ingin buka usaha di kota-kota tersebut jangan sekali-sekali jualan es campur. Gak akan laku. He..he…

5. Harbin

DM Readers, iklim Harbin dipengaruhi angin musim dingin dari Siberia. Suhu rata-rata di musim panas adalah 21,2°C. Sebaliknya, suhu rata-rata di musim dingin adalah −16,8°C, dengan kemungkinan suhu jatuh hingga −38.1°C.

DM Readers, dikota ini sering diadakan Festival Internasional Salju yang merupakan acara tahunan di kota Harbin sejak tahun 1995. Selain itu nih, biasanya juga diadakan kegiatan-kegiatan yang lainnya, diantaranya adalah kegiatan olahraga seperti Ski Alpin Yabuli, berenang di Sungai Songhua (buset dah berenang di air sedingin gitu), dan pameran lampion es di Taman Zhaolin.

Harbin pernah menjadi penyelenggara Asian Games Musim Dingin tahun 1996, dan sedang mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin tahun 2010. Selain itu, Harbin telah ditetapkan sebagai tuan rumah Universiade Musim Dingin tahun 2009 (kira2 negara mana ya yang menang Olimpiade itu)?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar